Makan dan mengemil sebenarnya bisa saja dilakukan di rumah. Namun orang lebih senang melakukannya sambil nongkrong bersama para sohib karibnya. Sebagai orang yang ingin memfasilitasi keinginan mereka, maka kita harus membuat sebuah tema cafe minimalis yang dapat menarik perhatian banyak orang.
Setiap segmentasi pasar pastinya memiliki tema tersendiri. Bahkan segmentasi ini diperlukan agar sasaran market kita tak terlalu lebar.
Jika memaksakan diri untuk mengambil semua pangsa pasar, maka tema yang akan dihasilkan pun pastinya acak-acakan.
Tak ingin kan sebuah cafe yang tenang dan tempat mengobrol diganggu oleh mereka yang doyan karaokean?
Sebaliknya, tema café yang menyatu dengan fitur karaoke tidak harus menyajikan area mengobrol.
Sayangnya, orang masih pusing dalam memikirkan cafe minimalis tersebut sehingga membuat pelanggan pada kabur.
Agar tak mengulang kesalahan yang sama, mari kita pelajari konsepnya terlebih dahulu, dan berikut adalah idenya.
Tema Cafe Outdoor
Buat kamu yang ingin menyatukan kesan alam dengan café, maka pemilihan tema cafe outdoor bisa menjadi jawabannya.
Banyak para pemilik café juga yang sengaja menyediakan nuansa luar ruangan dengan jajanan street food.
Kelebihannya tentu terletak dari sisi kenyamanan dan kemudahan dalam mengaksesnya.
Berbeda dengan jajanan jalanan yang mengharuskan kita berjalan sambil makan atau duduk lesehan di pinggiran jalan, tema café outdoor akan menghapus semua masalah tersebut hanya dalam sekali gibasan saja.
Tema Cafe Kekinian
Sementara untuk tema cafe minimalis dengan tampilan kekinian, maka sebagian besarnya ditujukan untuk anak-anak muda yang merasa malu jika disebut sebagai ketinggalan zaman.
Namun salah satu tantangan kita saat melakukannya adalah harus tahu gaya modern seperti sekarang.
Layaknya pemilik toko pakaian yang harus tahu mode terbaru, tema café kekinian pun haruslah mampu menyeleraskan antara selera pribadi dengan keinginan kaum muda.
Jika kamu kesulitan dalam melakukannya karena lahir di tahun 90an atau lebih bawah, maka bisa berdiskusi dengan karyawan kamu yang jauh lebih muda.
Usia 20an sangatlah masih aktif dalam berdiskusi di medsos dan tahu jenis mana yang tengah trending saat ini.
Tema Cafe Unik
Jika kamu enggan gonta-ganti tema mengikuti trend seperti pada café kekinian di atas, maka ubah saja tema cafe minimalis tersebut menjadi sebuah café unik.
Café kekinian haruslah mengikuti trend dan selera anak muda, sementara café unik akan mengikuti selera pribadi kita.
Semakin bagus selera yang kita miliki dan mampu diterima oleh kalangan luas, maka akan semakin menjual dan menjadi daya tarik sekaligus simbol dari brand awareness tempat makan itu sendiri.
Jika kamu kurang begitu pede dengan selera pribadi, maka bisa mengikuti selera orang yang lebih dulu sukses.
Seperti pada contoh gambar di atas meminjam tema Tokyo Disneyland dengan mendesain mejanya sebagai cangkir besar.
Tema Cafe Vintage
Vintage memiliki arti kuno, yakni berkebalikan dengan nuansa kekinian di atas. Namun masih bisa meminjam unsur unik dan cenderung lebih disukai oleh pelanggan yang lebih dewasa.
Namun bukan berarti tema cafe minimalis kita tersebut akan dijauhi oleh kalangan muda. Pasalnya, masih banyak dari mereka yang menyukai unsur tradisional dan kuno.
Kebanyakan unsur vintage membawa nuansa agak gelap dengan furnitur kayu. Namun kita bisa menyematkan sisi minimalisme dan modern dengan menambahkan pencahayaan di berbagai macam tempat.
Gantungkanlah beberapa cahaya lampu untuk menyatukan antara unsur masa kini dan masa lalu dalam satu tempat.